Bahtsul Masa'il Kubro XVI Se-Jawa-Madura & SILATNAS HISAN PP. Nurul Cholil

Bahtsul Masa'il Kubro XVI Se-Jawa-Madura & SILATNAS HISAN PP. Nurul Cholil

Bahtsul Masa'il Kubro XVI Se-Jawa-Madura & SILATNAS HISAN PP. Nurul Cholil

 

Sudah 16 tahun acara BMK XVI (Bahtsul Masa’il Kubro XVI) Pondok Pesantren Nurul Cholil terealisasi sesuai keinginan. Ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami karena acara ini sudah mencapai tahun yang ke 16. Dan acara BMK XVI Jum’at-Sabtu, 23-24 J. Akhir 1437 H/01-02 April 2016 M. yang telah selesai ini tentunya tidak akan sukses dan terealisasi tanpa adanya dukungan dan partisipasi para peserta BMK XVI dari berbagai pondok pesantren yang telah sudi menguutus/mendelegasikan santri-santrinya baik yang dari dalam maupun dari luar Pulau Madura.

Angka statistik tahun 2009 menunjukkan bahwa jumlah pondok pesantren yang berpartisipasi dalam acara BMK adalah 80 pondok pesantren per-Komisi; sekarang, angka ini telah mencapai 112 pondok pesantren per-Komisi. Dan setiap pondok pesantren mendelegasikan dua sampai empat orang di tiap Komisi. Ini sungguh pencapaian statistik yang sangat pesat. Dan kami hanya bisa mengucapkan ribuan terima kasih atas partisipasi Kalian semua.

Jum’at, Setelah Shalat Ashar para peserta BMK XVI dan SILATNAS HISAN (Silaturrahim Nasional HISAN) PP. Nurul Cholil berkumpul di halaman Madrasan Asrorul Cholil PPNC guna mengikuti pembukaan acara BMK XVI dan SILATNAS HISAN PP. Nurul Cholil. Dan dalam acara pembukaan tersebut juga hadir beliau KH. Mas Abdul ‘Adhim Kholili yang sekaligus menjadi penceramah.

Malam Sabtu, Aula Utama PPNC dan Lantai Dasar MAC-PPNC sudah mulai ramai dengan perdebatan para musyawirin dalam membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah disebarkan ke pondok pesantren oleh panitia tentunya dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah ditentukan di Komisi masing-masing.

 

KOMISI A membahas tentang :

Sewa Kuade (Sudah Dibahas)

Dilema Zakat Pebisnis (Sudah Dibahas)

Dilema Makam Wali (Sudah Dibahas)

Hadir Tanpa Undangan (Sudah Dibahas)

Mentiadakan Maulidan (Belum Dibahas)

Musium Rekor Indonesia (MURI) (Belum Dibahas)

Pembunuhan Perselingkuhan (Belum Dibahas)

Aku Harus Bagaimana (Belum Dibahas)

 

KOMISI B membahas tentang :

Tewas Kesetrum (Sudah Dibahas)

Si Kaya Prioritaskan Umroh Sae Napah Sae (Sudah Dibahas)

Formasi Muamalah Yang Sehat (Sudah Dibahas)

Misteri Tali Pocong (Sudah Dibahas)

Patung Pahlawan (Sudah Dibahas)

Jual Beli Emas (Belum Dibahas)

Banyak Yang Bandel Alhamdulillah Dompet Makin Tebel (Belum Dibahas)

Keyakinan Orang Madura (Belum Dibahas)

 

Malam Ahad, Halaman Madrasah Asrorul Cholil. Pondok Pesantren Nurul Cholil mulai ramai dengan turunnya (Dari kamar) para delegasi dari berbagai pondok pesantren guna mengikuti penutupan BMK XVI PPNC. Yang dikemas dengan acara Pembukaan, Qira’atul Qur’an, Sambutan/kesan-peasn dari delegasi baik yang dari Madura maupun yang dari Jawa, Sambutan atas nama pengurus pondok pesantren/panitia BMK XVI, dan penutupan/do’a.

Terakhir, kami ucapkan banyak-banyak terima kasih atas kedatangan dan atas partisipasi para delegasi dari berbagai pondok peantren baik dari dalam Madura maupun dari luar Madura. Dan kami ucapkan terima kasih juga kepada para alumni Pondok Pesantren Nurul Cholil yang sudah menyukseskan dan mengikuti acara BMK XVI (Bahtsul Masail Kubro XVI) dan SILATNAS HISAN (Silaturrahim Nasional Himpunan Santri Nurul Cholil.)