Jelang Liburan, MAC Gelar Ujian Akhir Sanah

Jelang Liburan, MAC Gelar Ujian Akhir Sanah

Nurulcholil.net - Menjelang libur akhir tahun aktifitas para santri Pondok Pesantren Nurul Cholil (PPNC) mulai padat. Dimulai dari Muhafadzah Akhir Sanah dan Koreksian Kitab. Kedua event tersebut menjadi pra syarat mutlak bagi Para Santri PPNC untuk mengikuti Ujian Akhir Sanah. Ada dua jenis Ujian yang dilaksanakan dalam Semester Genap ini. Pertama, EBTA (Evaluasi Belajar Tahap Akhir) diikuti oleh Peserta Akhir dari masing-masing tingkatan yakni kelas VI Ibtidaiyah, III Tsanawiyah serta III Aliyah, terhitung jumlah peserta yang mengikuti EBTA sebanyak 485 siswa. Kedua, Ujian Akhir Semester Genap diikuti oleh kelas I'dadiyah, kelas IV dan V Ibtidaiyah, kelas I dan II Tsanawiyah serta kelas I dan II Aliyah, terhitung jumlah pesertanya sebanyak 1078 siswa.

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ujian Akhir Sanah yang diselenggarakan oleh Madrasah Asrorul Cholil (MAC) ini dilaksanakan dalam dua waktu, pagi dan malam. Pagi dilaksanakan dari jam 07.00 WIB – 08.00 WIB, sedangkan malam dari jam 20.00 – 21.00 WIB. Pelaksanaannya telah teragenda dari hari Selasa malam Rabu sampai hari Ahad, tanggal 27 Rajab – 8 Sya’ban 1440 H / 3 - 14 April 2019 M.

 

Dalam pelaksanaan ujian tersebut para santri diwajibkan memakai seragam lengkap MAC. Selain berseragam, peserta ujian diharuskan untuk tidak berkuku panjang, berambut gondrong, dan potongan rambut yang tidak sesuai dengan nilai pesantren.

 

Ketua panitia pelaksana ujian akhir sanah, Ust. Moh. Syarif mengatakan “Ujian ini, selain untuk melihat seberapa jauh pemahaman santri akan pelajaran yang diberikan, juga untuk mengajarkan kejujuran dan kedisiplinan sejak dini kepada santri. Jujur untuk menjawab dengan kemampuan sendiri, dan jujur untuk tidak membocorkan jawaban kepada orang lain,” ujarnya dengan nada tegas. Lebih lanjut ustadz asal Tanjung Bumi ini mengharap kepada para wali kelas dan wali santri ikut mendoakan agar siswa/anak yang mengikuti ujian diberikan kelancaran serta mendapatkan nilai maksimal. Yang menjadi harapan panitia adalah support dari semua elemen sehingga pelaksanaan ujian berjalan lancar dan tertib

 

Menurut sekretaris panitia pelaksana ujian akhir sanah, Ust. Mudoffar mengatakan “Dari jumlah 1563 siswa peserta ujian ini, terdapat 216 siswa yang terpaksa tidak mengikuti ujian karena beberapa sebab, antara lain tidak Tam (Kitabnya kurang lengkap), Rodi’ (Hafalan Kurang sempurna), persyaratan ujian kurang dan tidak hadir pada saat pelaksanaan ujian. 

 

Sejak berdirinya tahun 1998, perjalanan Madrasah Asrorul Cholil yang sebelumnya santri PP. Nurul Cholil mengikuti kegiatan sekolah diniyahnya di Pondok Pesantren Al-Kholiliyah An-Nuraniyah Demangan Timur telah mengalami pasang surut ditinjau dari berbagai aspek, termasuk kualitas dan kuantitas siswanya. Dan sebagaimana lembaga pendidikan di luar pesantren, MAC juga rutin melakukan evaluasi terhadap kemampuan para siswanya dengan beragam jenis evaluasi: Ujian Akhir Sanah adalah salah satunya.