Rakernas Hisan 2020 Berlangsung Khidmat dan Penuh Kekeluargaan

Rakernas Hisan 2020 Berlangsung Khidmat dan Penuh Kekeluargaan

Nurulcholil.net - Himpunan Santri, Alumni dan Simpatisan Nurul Cholil (HISAN) menggelar Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) 2020 di Pondok Pesantren Nurul Cholil Demangan Bangkalan Madura, Sabtu (29/02/2020). Acara yang diadakan di gedung aula utama Pondok Pondok Nurul Cholil ini dimulai dari pukul 09.00 WIB  dengan tiga sesi pembahasan. Pertama, penyampaian sambutan dan tata tertib dalam pelaksanaan Rakernas. Kedua penyampaian laporan dan kendala dari pengurus Hisan seluruh Indonesia. Ketiga, sumbangsih pemikiran untuk Pondok Pesantren Nurul Cholil (PPNC) yang berkaitan tentang pendidikan, pembangunan, dan ekonomi.

 

Acara yang digelar tiap tahun  ini di ikuti oleh perwakilan alumni dari seluruh cabang Hisan. Baik dari daerah Bangkalan atau di luar Bangkalan, seperti Surabaya, Malang, Mojokblitung (Mojokerto, Jombang, Blitar, Tulungagung), Jawa Barat, Bodes (Bogor, Depok, Sukabumi), dan Jakarta. Hadir pula perwakilan dari luar pulau jawa, seperti Bangka Belitung. Selain pengurus Hisan, hadir pula dalam acara tersebut, pengurus IMANC (Ikatan Mahasiswa dan Sarjana Alumni Nurul Cholil. IMANC merupakan banom Hisan yang baru dilantik kepengurusan baru pada awal tahun 2020.

 

Ust. H. Qusyairi Hidayat membuka  acara ini dengan pembacaan surah al-Fatihah dan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Hisan pusat KH. Hasyim Asy’ari Zubair. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan besar kepada para alumni agar lebih aktif mengikuti kegiatan Hisan. “Alhamdulillah organisasi Hisan ini sudah berjalan cukup lama 20 tahun lebih dan semoga lebih meningkat keaktifan para alumninya, dan saya harap nantinya hasil rapat Rakernas ini bisa memberikan ide-ide yang cemerlang untuk Hisan dan sektor pendidikan maupun perkembangan pembangunan pesantren”, Jelas beliau. 

 

Setelah sesi pertama selesai dzuhur, acara dilanjutkan dengan sowan kepada Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Cholil sekaligus sesi foto bersama dengan KH. Zubair Muntashor yang didampingi oleh KH. Hasyim Zubair.

 

Dalam sesi kedua, dilaksanakan setelah dzuhur yang diisi dengan penyampaian laporan, kendala dan usulan dari semua perwakilan. Penyampaian laporan ini berlangsung khidmat dan detail dari semua perwakilan yang hadir karena disampaikan di atas podium. Adapun penyampaian kendala dan usulan dari semua perwakilan dijawab dan diputuskan oleh Pengurus Hisan dengan berbagai pertimbangan dari KH. Hasyim Zubair selaku ketua umum Hisan pusat. Dalam sesi ini juga ada penyampaian sambutan dan wejangan dari majlis keluarga PPNC KH. Fathurrozi Zubair.

 

Sedangkan sesi ketiga, dilaksanakan dari pukul 19.30 hingga 23.00 WIB. Dalam sesi ini, pengurus Hisan dan pengurus PPNC menyampaikan sejarah singkat Hisan dan pencapaian-pencapaian Pondok Pesantren Nurul Cholil dibidang pendidikan, pembangunan dan ekonomi. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan wejangan dari para pengurus Hisan dan PPNC, masukan-masukan dari peserta Mukernas, yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara berlangsung seru dan penuh kekeluargaan. Saling memberikan dukungan, memberikan masukan, hingga saling bercanda penuh kekeluargaan menjadi bagian dari diskusi yang berlangsung dengan serius namun santai.     

 

 Acara yang ditutup dengan do’a oleh KH. Hasyim Zubair ini menghasilkan beberapa keputusan. Diantaranya, Pengurus Hisan merekomendasikan kepada tim IT Hisan untuk membuat program aplikasi android untuk pendataan anggota Hisan secara online. Selain itu, pengurus Hisan mengamanatkan kepada pengurus LAZIMAL HISAN untuk diaktifkan kembali. Lazimal Hisan merupakan lembaga Hisan yang bergerak dibidang amil zakat dan shadaqah yang didirikan pada tahun 2012. 

 

Setelah penutup do'a, dilanjutkan sesi foto bersama dan penyerahan SK Kepengurusan IMANC priode 2020-2022 oleh ketua umum Hisan KH. Hasyim Zubair kepada ketua IMANC Romli Muallim.