Tingkatkan Kemampuan Public Speaking, Lajnaroh Adakan Pelatihan MC

Tingkatkan Kemampuan Public Speaking, Lajnaroh Adakan Pelatihan MC

Nurul Cholil.net - Minggu siang (13/12/2020) Lajnah Muhadlarah (Lajnaroh) Pondok Pesantren Nurul Cholil melaksanakan “Seminar dan Training Master of Ceremony" untuk lebih membangun, meningkatkan dan mengembangkan self Confident agar menjadi pribadi yang mengesankan sebagai Master of Ceremony atau pembawa acara di kegiatan Formal dan Informal seperti dalam acara muhadloroh Rutinan yang dilaksanankan setiap malam Jum’at . Sebanyak 50 Peserta ikut serta dalam kegiatan yg  dilaksanakan Digedung Utama Multimedia.

 

 

Master of Ceremony (MC) merupakan orang yang berperan penting dalam membuat suatu acara seperti seminar, workshop, FGD, konferensi, talkshow dan lainnya untuk memastikan acara berjalan dengan baik dan menjadi pengendali dari suatu kegiatan agar menjadi lebih hidup dan berkesan.  Panitia seminar memang sengaja mengundang public figure yang memiliki pengalaman panjang dalam Bidang Komunikasi dan sudah cukup dikenal oleh public tentang kepiawaiannya dalam  membawakan suatu acara,  ia juga pernah menimba ilmu selama 3 tahun di Pondok Pesantren Nurul Cholil yaitu Achmad Badrus Soleh. Ia pernah meraih berapa prestasi yang gemilang diantaranya:

1. Juara 3 Lomba Pidato Se Jawa Timur yang diadakan oleh UMS. 2015

2. Wakil III Duta Wisata Kab. Sampang 2010

3. Kacong Photogenic Kab. Bangkalan 2014

4. 20 Besar Duta Bahasa Jawa Timur 2016

5. 10 Besar UBC (Ultimate Body Contest) Malang 2014

 

 

Sebelum pemaparan materi, acara ini dibuka oleh Ust. Cholili Al- Astqolani selaku Kordinator Lajnaroh PPNC. Sedangakan Ustadz H. Abdul Mukti Fauyaz selaku Ketua IV, dalam sambutannya mengatakan “Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas para santri dalam membawakan acara sesuai protokoler yang bertaraf Nasioanal, apalagi ketika terjun di Masyarakat hal ini sangat penting”

 

 

Badrus Bangkit sapaan akrabnya memaparkan materi dengan sangat lugas dan jelas diantaranya ia mengutarakan “Menjadi MC itu kita harus Personal Branded (Memasarkan Diri), jangan malu. Dan jika ada kesempatan ya maju. Jangan di sia-siakan  dan juga ketika kita grogi banyak cara untuk menghilangkannya diantaranya perbanyak wawasan, sering membaca, membaca cepat dan masih banyak lainnya” tegas beliau kepada para peserta seminar.

 

 

Setelah pemaparan materi, para peserta ditunjuk satu-persatu untuk praktek secara langsung dengan nada dan intonasi yang benar, dan menentukan mana kalimat baku yang harus dipakai dan tidak. Dan ini sangat membantu para santri guna memperbaiki diri mereka dalam Public Speaking. Setelah praktek, diisi dengan tanya jawab lalu yang terakhir adalah penutup dengan do’a oleh Ustadz H. Abdul Mukti Fauyaz.

 

Di akhir acara  ketua panitia mengungkapkan “Acara ini tidak hanya akan dikemas untuk sekali saja, Insya Allah ini akan menjadi daftar agenda Lajnaroh untuk kedepannya dan akan di adakan setiap bulannya agar para santri lebih maksimal ketika tampil dalam ajang Muhdloroh Komplek” ungkap Alwani saat ditemui reporter NCMedia